11 Transfer Pemain Termahal Chelsea

Chelsea menjadi klub besar dan kaya raya setelah dibeli konglomerat Rusia Roman Abramovic di tahun 2003. Sejak itu klub London tersebut tak pernah berhenti membeli pemain-pemain papan atas.
Saat ini (desember 2016) angka tertinggi dalam sejarah pembelian Chelsea adalah 50 juta poundsterling, atas nama Fernando Torres. Berikut ini 11 pemain termahal yang pernah diboyong ke Stamford Bridge sampai tahun 2016 :

11 Transfer Pemain Termahal Chelsea

11. Didier Drogba (24 juta poundsterling)
Salah satu pemain paling berharga di era Roman Abramovich karena selalu menjadi penyerang nomor satu di Chelsea. Harga 24 juta poundsterling untuk mengangkutnya dari Marseille dianggap "tidak ada apa-apanya" dibanding kontribusi dia selama delapan musim.
Drogba sudah dipastikan sebagai salah satu pemain legendaris Chelsea karena ketajaman dan prestasinya. Dari total 341 pertandingan, ia membukukan 157 gol. Jumlah trofi yang ia koleksi banyak: tiga Premier League, empat Piala FA, dua Piala Liga Inggris, dan satu Liga Champions.
Sederet penghargaan individual yang pernah disabet Drogba di antaranya pemain terbaik Chelsea pilihan rekan-rekannya (2007), top skor Piala UEFA (2004), top skorer Liga Inggris (2007, 2010), dan pemain terbaik Chelsea tahun 2010.

10. Michael Essien (24,5 juta poundsterling)
Lyon membeli Essien dari Bastian seharga 7,8 juta euro dan untung besar karena berhasil menjual gelandang tengah Ghana itu ke Chelsea seharga 24,5 juta poundsterling di musim panas 2005. Kala itu angkat tersebut menjadi rekor buat Chelsea, mematahkan transfer Didier Drogba setahun sebelumnya seharga 24 juta pounds dari Marseille.
Selama tujuh tahun berseragam "Si Biru", Essien membayar harga mahalnya itu dengan performa yang sangat baik dan konsisten.

9. Oscar (25 juta poundsterling)
Chelsea sangat yakin bahwa pemain bernama lengkap Oscar dos Santos Emboaba Junior ini akan menjadi pemain hebat. Itu sebabnya mereka berani membayar sangat mahal, 25 juta pounds, untuk memboyong gelandang serang Brasil itu dari klub Internacional.
Dalam usianya yang masih 20 tahun, Oscar pun menjadi pemain termahal yang paling muda yang pernah dibeli Chelsea. Waktu akan menjawab, apakah dia akan sukses di klub Eropa pertamanya ini.

8. Willian (25,5 Juta Pound, 2013)
Setelah tampil menawan bersama Anzhi Makhachkala, Willian menarik perhatian dua klub London, Tottenham Hotspur dan Chelsea. Awalnya klub yang disebutkan pertama sepertinya akan mendapatkan Willian di musim dingin 2013, namun Chelsea sukses merebut Willian di detik-detik terakhir dengan nilai transfer 25,5 juta pound.
Sejauh ini Willian sudah mempersembahkan dua trofi, Premier League dan League Cup pada musim 2014/15.

7. Cesc Fabregas (27 Juta Pound, 2014)
Cesc Fabregas secara mengejutkan memilih bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2014 dari Barcelona. Kepindahan ini mengundang amarah pendukung Arsenal, klub yang diperkuatnya selama delapan tahun dari 2003 hingga 2011.
Barcelona sendiri melepasnya karena performa inkonsisten yang kerap ditampilkannya selama di Nou Camp. Chelsea membeli Fabregas dengan harga 27 juta pound dan dia menjadi elemen penting keluarnya Chelsea sebagai juara Premier League 2014/15.

6. Andriy Shevchenko (30,8 juta poundsterling)
Pada 28 Mei 2006, Shevchenko hijrah dari AC Milan ke Chelsea dengan harga 30,8 juta poundsterling, mematahkan rekor transfer Michael Essien di tahun sebelumnya, sekaligus mencatat rekor baru dalam sejarah transfer sebuah klub Inggris.
Mengenakan kostum bernomor 7, bomber legendaris Ukraina itu langsung mencetak gol dalam debutnya, saat Chelsea kalah 1-2 dari Liverpool di ajang Community Shield pada 13 Agustus 2006. Sepuluh hari kemudian, ia mencetak gol perdananya di Premier League.
Seiring waktu berjalan, ketajaman Shevchenko menurun. Ia dianggap kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya di London, dan hanya mencetak sembilan gol dalam dua musim di liga. Ia akhirnya dipinjamkan ke Milan. Semusim kemudian ia balik ke Stamford Bridge, dan juga tidak sukses.

5. Diego Costa (32 Juta Pound, 2014)
Diego Costa menjadi satu dari tiga striker baru yang didatangkan Jose Mourinho di musim panas 2014 bersama Loic Remy dan Didier Drogba. Pemain kelahiran Spanyol ini didatangkan dari Atletico Madrid dengan harga 32 juta pound.
Ia langsung mencetak gol di laga debutnya menghadapi Burnley dalam kemenangan 3-1 di Premier League. Ia mengantar The Blues menjadi juara dengan kontribusi 20 gol yang dicetaknya.

4. Eden Hazard (32 juta poundsterling)
Di musim panas ini Chelsea harus bersaing dengan Manchester United yang juga kesemsem dengan gelandang serang internasional Belgia itu. Hazard memilih The Blues, yang bermodalkan 32 juta pounds untuk mengeluarkannya dari klub Prancis, Lille.
Dalam usia yang masih muda (21 tahun), Hazard tampil sangat impresif terutama di musim lalu ketika ia mencetak 20 gol plus 15 assist dalam 38 pertandingan Ligue 1, sehingga terpilih sebagai pemain terbaik liga di musim itu.

3. N'Golo Kante (32 juta poundsterling)
Setelah performa yang mengesankan bersama Leicester City yang diakhiri dengan gelar juara Premier League 2015/16, plus diteruskan dengan pertunjukkan menawan lainnya bersama Tim Nasional Prancis di Euro 2016, N'Golo Kante membuat sejumlah klub top menginginkannya.
Chelsea berhasil mengalahkan Arsenal dalam perburuan Kante dan membelinya dengan harga mencapai 32 juta pound.

2. Michy Bathshuayi (33,2 Juta Pound, 2016)
Michy Batshuayi mengikuti jejak legenda Chelsea, Didier Drogba, sebagai penyerang tengah yang pindah ke Stamford Bridge dari Marseille, dan menjadi pemain Belgia ketiga di skuat The Blues saat ini, bergabung dengan Hazard dan Thibaut Courtois.
Ia didatangkan dengan harga mencapai 33,2 juta pound setelah total mencetak 23 gol musim lalu serta memberikan 10 assist untuk Marseille.

1. Fernando Torres (50 juta poundsterling)
Tak cuma Chelsea, Fernando Torres pun saat ini memegang rekor sebagai pemain termahal dalam sejarah Liga Inggris, Chelsea membelinya seharga 50 juta poundsterling dari Liverpool di bulan Januari 2011.
Sayangnya, selama satu setengah musim Torres mandul, dan kerap diolok-olok karena ketajamannya tak kunjung muncul. Total, dari 67 pertandingan di semua musim Torres hanya mendulang 12 gol.
Meski demikian ia punya jasa sangat besar di musim lalu, terutama saat mencetak gol di leg kedua babak semifinal Liga Champions melawan Barcelona, yang membuat Chelsea lolos ke semifinal -- dan kemudian jadi juara.


Tidak ada komentar